penulis

Halo,

Saya Yanu, saat ini saya bekerja sebagai konsultan green building. Sebelumnya saya bekerja sebagai Rating Analyst di sebuah konsil not for profit yang merupakan Non Government Organization (NGO) untuk sertifikasi bangunan hijau di Indonesia pada Desember 2009 hingga Desember 2013 dengan fokus tugas adalah analisis mengenai indoor environment quality.

Mendapatkan kerja di sebuah NGO tersebut bukanlah sebuah kebetulan, seorang teman menawarkannya ketika saya sedang menyusun tesis mengenai “kajian kualitas udara dalam ruang operasi terhadap infeksi nosokomial di sebuah rumah sakit” pada November 2009, dan Agustus 2010, tesis ini menghantarkan saya mendapatkan master ilmu lingkungan di Universitas Indonesia.

Pada saat menggeluti bidang ini di pekerjaan saya, ternyata kurang begitu banyak antusias dari para praktisi dan ahli. Literatur dan penelitian pun masih belum banyak saya temui dalam referensi Indonesia, jadilah pada praktek manajemen KUDR untuk sebuah gedung terbilang bukan prioritas. Padahal di Amerika, perhatian pemerintah dan para akademisi sangat besar mengingat urgensinya terkait kesehatan dan kenyamanan bagi para penghuni.

Meskipun saya masih baru di bidang ini, namun saya coba untuk menularkan perhatian kepada teman-teman mengenai perlunya kualitas udara dalam ruang yang sehat, sekaligus menunggu masukan dan informasi dari teman-teman yang telah sudi mampir ke halaman ini. Semoga bermanfaat :)

Salam,

Yanu

22 responses

  1. Mba Yanu,
    salam kenal ya …. saya pemerhati di bidang arsitektur dan saat ini sedang tertarik pada IAQ khususnya “sick building syndrome”. Saya mau bertanya; apakah untuk mengukur SBS ada panduannya?? Kalau ada, bisakah saya minta data-datanya.
    Terima kasih banyak

    Haria Utama

  2. Saya belum mencari lagi yang terbaru pak, yang saya ketahui utk mengukur SBS dilakukan dengan metode survei. Survei dilakukan terhadap responden,kemudian mencari korelasinya dengan parameter kualitas ruang yang diukur(spt: suhu, kelembaban, CO, CO2, penerangan).

    Kalau bapak berminat, saya akan kirimkan tesis UI tahun 1997 ttg kajian SBS.

  3. Dear Ibu Yanu,

    Saya sangat terkesan dengan tulisan anda, saya juga bergerak dalam bidang yang sama dengan anda. Kalau boleh, saya berharap bisa mendapatkan email anda untuk bertukar pikiran tentang udara. Mohon berkenan untuk langsung sending ke :

    rico@eksperta.co.id atau ricophillic@chemistry.web.id

    mungkin dengan diskusi akan lebih menambah pengetahuan dan saling melengkapi.

    Regards,
    Ricoh Sutrisno

  4. Yetty Septiani Mustar | Reply

    Halloooo…. Mbak Yanu……
    AKu Yetty… Aku sangat tertarik dan terkesan mengenai tulisan Mbak Yanu mengenai “indoor air pollution” Saya sangat berharap bisa share sm Mbak Yanu mengenai hal ini…. Jika Mbak Yanu berkenan bisa share langsung ke email sy yetty_potter@yahoo.com atau yettyseptianimustar@yahoo.com

    Best Regards

    Yetty ^_^

  5. Hallo Yetty.. terima kasih atas apresiasinya ya =)
    Senang bisa kenal dengan dirimu, apalagi kalau bisa saling berbagi. Oke.. nanti saya DM ya..

    Salam,
    Yanu

  6. salam kenal mba,yanu. perkenalkan, saya lila. saya sedang menggeluti dunia indoor air pollution dan sedang berencana menyusun thesis terkait dengan field ini, terutama ttg indoor air pollutant seperti CO, VOC, particulate matter, etc. saya sangat tertarik dengan tulisan2 mbak yanu dan saya menemukan fenomena yg sama (yaitu keterbatasan pencarian) dengan mbak yanu pada proses literature review di bidang ini di Indonesia. klo boleh, saya ingin bertukar pikiran dengan mbak mengenai indoor air pollution. jika mbak yanu berkenan, silahkan kontak saya di email saya : studilila@rocketmail.com atau YM saya di l_sama@rocketmail.com. Terima kasih sebelumnya, mbak yanu.

    Kind regards,
    Lila

    1. halo,mbak yanu. salam kenal. saya lila. saya sedang (dan baru) terjun ke dunia indoor pollution dalam rangka penelitian thesis. sebelumnya, saya sudah memberikan komentar pd blog mbak yanu, tapi statusnya “awaiting moderation”.
      saya sangat tertarik dgn tulisan2 mbak terkait dengan indoor air dan saya berminat untuk bertukar pikiran dgn mbak yanu ttg indoor air ini, terutama ttg penelitian2 yang telah dilakukan dan regulasi2nya di indonesia. jika mbak yanu berkenan, boleh kontak saya di email : studilila@rocketmail.com. terimakasih sebelumnya,mbak.

  7. Halo Lila… salam kenal kembali… maap ya, saya baru buka email. Oke.. nanti saya share beberapa jurnal ya dan kita dilanjutkan di email.

    Terima kasih atas apresiasinya :)

  8. kak,,saya fanny, sedang melakukan penelitian mengenai SBS ini dan perlu banyak informasi mengenai hal tersebut.jika berkenan saya ingin bisa bertanya kepada kakak melalui email..
    ini email saya bunny_ponk@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya =]

    1. Halo Fanny, oke.. kita diskusi via email ya. Terima kasih sudah mampir kesini :)

      1. kak,,saya mau tanya..sampai skrg apa ada bangunan yang sudah bisa mengatasi sbs?misalnya berkurang jumlah pegawai yg merasakan sindrom tersebut,dll..
        thx kak

  9. Halo kaa, saya sedang mengerjakan skripsi mengenai kualitas udara ruang, apakah kakak mempunyai jurnal, artikel, dan literatur lainnya? dan saya akan sangat senang dan terbantu sekali apabila kakak mau membantu berdiskusi dengan saya melalui sekar.adhinata@hotmail.com
    terima kasih banyak kak

    1. Halo Sekar, oke..kita sharing lewat email ya :)

  10. Dear kak Yanu
    Baru nemu ni blog, ternyata bagus2 tulisannya. Serasa terlambat untuk belajar mengenai IAQ, mohon share ilmunya dung kak.
    Terima kasih sudah membantu saya sebagai volunteer di GREENRIGHT 2013 kemarin.

    Salam

    Farid

    1. Halo Farid,

      Wah, senangnya Farid sudah mampir ke sini. Inginnya sih kontinyu isi blog ini, apadaya malas merajalela. Tapi aku jadi semangat lagi kok isinya karena atensimu, terima kasih yaaa :)

      Salam

  11. Subekti Widodo | Reply

    Halo mbak Yanu salam kenal, saya widodo.
    Kalo mbak alumni PSIL UI, saya sekarang staff di LAb PSIL UI. Saya di bagian biologi termasuk mikrobiologi. Kedepannya ijinkan kami u bisa diskusi mengenai kualitas udara. Dahulu sekali pernah ikutan dalm monitoring kulaitas udara ruang operasi di 5 RS di jakarta selatan. Tp sebagai pengambil sampel saja :) Dengan kenal mbak Yanu, semoga bisa menambah pengetahuan ttg hal ini.
    Terima kasih mbak
    Widodo (subekti_widodo@yahoo.com)

    1. Halo mas Widodo,

      senang bisa berkenalan.. waktu saya tesis belum ada labnya ya. sejak kapan Lab PSIL UI berdiri? Kalau dulu ada pasti sangat membantu sekali :)
      Terima kasih sudah mampir ya.. kalau ada info IAQ terbaru, mohon di share mas.. :)

  12. hai kak, saya marcovano, salam kenal :)
    saya sedang bikin KTI mengenai gambaran kualitas udara diruang isolasi, apa kaka punya refrensinya atau artikel terkait? akan sangat membantu sekali kalau kita bisa saling share hehe.. ini email saya thelogic_gun@yahoo.co.id
    thanks :)

    1. Maaf baru membalas.. Terima kasih sudah mampir kesini :) saya lanjut di email ya..

  13. Halo Mbak yanu
    saya Welly Suwandi saat sedang mengerjakan Tesis mengenai kualitas udara ruang,
    saya mohon bantuan mbak yanu…
    tolong bagi data nya mabk tentang Kualitas udara dalam Ruangan
    jurnal, artikel, dan literatur lainnya? dan saya akan sangat senang dan terbantu sekali apabila kakak mau membantu berdiskusi dengan saya melalui welly.suwandi@yahoo.com

    terima kasih banyak mbak
    salam kenal

    1. Salam kenal welly, Terima kasih sudah mampir.. senang bisa dapat teman baru, saya lanjut di email ya :)

  14. Halo mbak yanu,
    saya welly suwandi saat ini sedang mengerjakan tesis mengenai kualitas udara ruang, apakah mbak mempunyai jurnal, artikel, dan literatur lainnya?
    dan saya akan sangat senang dan terbantu sekali apabila mbak mau membantu berdiskusi dengan saya melalui welly.suwandi@yahoo.com
    terima kasih banyak mbak
    salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: