Pentingnya Kualitas Udara dalam Ruang di Indonesia

Link di bawah ini adalah abstrak jurnal dari tulisan Prof. Haryoto Kusnoputranto (1996) yang berjudul Indoor Air Pollution in Indonesia: Problems and Solution.

http://jurnal.pdii.lipi.go.id/index.php/Search.html?act=tampil&id=20629

Jurnal tersebut menjadi dasar bagi penulis dalam tulisan berikut ini.

Sebagian besar dari kita akan menganggap bahwa polusi asap kendaraan dan asap pabrik merupakan bahaya terbesar bagi kesehatan manusia, oleh sebab itu tinggal di dalam ruangan merupakan pilihan yang tepat untuk menghindar dari bahaya tersebut. Namun, tahukah anda bahwa udara dalam ruangan dapat lebih berbahaya dibandingkan udara di luar ruangan? Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Manusia akan menghabiskan hampir 90% waktunya berada di dalam ruangan, seperti bekerja, bermain, belajar dan istirahat. Pada keadaan ini, maka udara yang dihirup untuk respirasi dan kesehatan manusia tergantung dari kualitas udara di dalam ruangan tersebut. Kontaminasi udara di dalam ruangan dapat berasal dari polusi di luar ruangan yang masuk melalui boven (baca-atas_bahasa Belanda) pintu dan jendela. Asap kendaraan dan pembakaran sampah dapat mencemari udara di dalam rumah dan gedung melalui celah-celah terbuka bangunan. Sedangkan, dari dalam ruangan, kontaminasi ruangan dapat berasal dari emisi peralatan interior seperti karpet, cat tembok, kayu komposit dan dari aktivitas penghuni seperti asap dapur, rokok, bio-fluent (keringat). Untuk rumah-rumah di pedesaan yang masih menggunakan kayu bakar untuk memasak, maka akan menjadi masalah polusi udara akibat asap yang dihasilkan.

Indonesia dengan kondisi iklim tropis memiliki suhu dan kelembaban yang relatif tinggi, sehingga udara lembab membuat polutan lebih mudah terperangkap di udara pada suatu ruangan. Penghuni yang berada dalam ruangan akan menghirup udara yang berisi campuran polutan. Pada konsentrasi polutan yang melebihi ambang batas kesehatan manusia, maka dapat menimbulkan gejala-gejala awal seperti sakit kepala, mata perih, hidung pering dan bersin-bersin. Keadaan ini disebut sebagai sick building syndrome(SBS) atau gejala gangguan kesehatan yang ditimbulkan kemungkinan karena kualitas ruang bangunan yang tidak sehat. Jika penghuni ruangan mengalami SBS, tentunya akan menurunkan produktifitas dan efektifitas kerja.

Untuk dapat menghindari terjadinya SBS, maka yang perlu diperhatikan adalah sirkulasi udara segar ruangan dengan baik melalui bukaan atau ventilasi alami. Perumahan dengan ventilasi yang tinggi dapat mengurangi konsentrasi polusi di dalam ruangan. Lubang masuknya udara segar untuk sistem pendingin udara pada ruang yang dikondisikan (ruang dengan AC (air conditioning)), sebaiknya diberi filter untuk menyaring debu dan partikel dari asap di jalanan. Membersihkan AC secara periodik dapat mencegah berkembangnya bakteri berbahaya pada pendingin. Selain itu, pemilihan interior yang ramah lingkungan dengan kadar emisi rendah dapat mengurangi polutan di ruangan.

Hal di atas masih pembahasan kecil untuk mencegah SBS. Undang-undang No. 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung menyatakan persyaratan kesehatan bangunan gedung meliputi empat aspek yaitu sistem penghawaan, pencahayaan, sanitasi dan penggunaan bahan bangunan. Ambang batas konsentrasi polutan antara lain CO2, NOx, formaldehida, asbes dan partikulat tercantum di dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1405/Menkes/SK/XI/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri.

Sebagai langkah awal pengenalan, setidaknya kita perlu tahu untuk menghindari risiko kesehatan akibat udara dalam ruang yang buruk dengan menjaga kualitas udara tetap bersih.

11 responses

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

  2. Tisa Khaulah Khasanah Anshorullah | Reply

    mb yanu (n_n)

    salam kenal ya mb,saya eka tisa, TL ITB,saya lagi melakukan penelitian tentang polusi udara di dalam ruangan dari aktivitas memasak dengan menggunakan kayu bakar,
    oya mb, saya tertarik dengan artikel mb tentang Pentingnya Kualitas Udara dalam Ruang di Indonesia.
    mb, saya mau minta tolong, saya lagi mengumpulkan refrensi2 mengenai hal ini,

    nah, mb ,kalau ingin mendownload jurnal yang mb refrensikan ini, caranya bagaimana ya mb?terima kasih ya mb…(n_n)
    mohon bantuannya…
    http://jurnal.pdii.lipi.go.id/index.php/Search.html?act=tampil&id=20629

  3. Halo Eka…

    kebetulan saya punya jurnalnya dirumah. Besok saya coba scan-kan dan kirim via email aja ya🙂

    Terima kasih buat apresiasinya … salam … (^-^)

  4. Tisa Khaulah Khasanah Anshorullah | Reply

    iya…terima kasih ya mb..(n_n)
    ini email saya,mb, ekatisa@yahoo.co.id
    hatur nuhun….(n_n)

  5. Salam kenal sebelumnya Kak, saya, Billy, mahasiswa Teknik Kimia UI, saya tertarik dengan jurnal yang kakak referensikan, boleh minta ga Kak?sebagai wawasan tambahan Kak…terima kasih…:)

  6. Halo Billy, salam kenal kembali.. besok saya email, karena saat ini bukunya ada di rumah. Soft file lama sudah tidak bisa dibuka, saya akan coba scan-kan kembali. Ditunggu ya🙂

  7. iksiroh el husna | Reply

    salam kenal sis, saya tertarik untuk meneliti tentang kualitas udara dalam ruang, boleh share dong kalau sista punya jurnal atau artikel tentang materi tsb, tks sebelumnya

    1. Halo bu Iksiroh, saya share melalui email ya. Semoga bermanfaat dan salam kenal🙂

  8. halo, mbak yanu. saya sangat tertarik dengan jurnal ini. Bolehkah di share kepada saya juga? Dan sama seperti mbak iksiroh, kalau mbak yanu punya artikel, jurnal dan referensi lain terkait dengan indoor air pollution dan indoor air pollutant di Indonesia, dan mbak yanu berkenan share, mbak yanu bisa kontak saya di studilila@rocketmail.com. mohon bantuannya, mbak.🙂
    terima kasih sebelumnya.

    kind regards,
    lila

  9. Halo mbak, saya sedang mengerjakan tugas akhir mengenai indoor air quality, bolehkah saya meminta ttg jurnal yg mbak rekomendasikan ini serta artikel, jurnal dan referensi terkait lainnya? kalau boleh, mbak bisa kirim ke email saya di sekar.adhinata@hotmail.com , mohon bantuannya ya mbak, terima kasih banyak

    salam
    sekar

    1. Halo Sekar, Kita kontak lewat email ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: