Indoor Air Pollution Is a Serious Problem

Sejak tahun 1990, Environmental Protection Agency (EPA) telah menempatkan polusi udara dalam ruang dalam daftar 18 teratas sumber risiko penyebab kanker. Sekitar 6000 kematian per tahun akibat kanker dini terjadi di Amerika. Risiko tertinggi menimpa para perokok, janin dan balita, orang tua, wanita hamil, penderita dengan masalah pernapasan dan jantung, dan buruh pabrik.

Penelitian-penelitan U.S. EPA menemukan beragam polutan udara ditemukan di dalam gedung yang terkait dengan masalah kesehatan atau biasa disebut dengan sick building syndrome (SBS). Gejala yang timbul antara lain pusing, sakit kepala, batuk, bersin-bersin, sesak napas, mual, mata perih, pegal-pegal, kulit kering dan iritasi, gejala flu, dan depresi. Kajian yang dilakukan EPA dan U.S. Labor Department menunjukkan hampir setiap satu dari lima bangunan di Amerika dianggap bangunan yang ‘sakit’, mengekspos para karyawan dari risiko kesehatan.

Pada negara maju terdapat 4 macam polutan udara dalam ruang yang paling berbahaya, yaitu asap tembakau, formaldehida (ditemukan pada material bangunan dan produk rumah tangga), gas radioaktif radon-222, dan partikel halus. Sedangkan di negara berkembang, pemajanan manusia dari partikel polutan udara umumnya berupa pembakaran yang dilakukan di dalam ruang seperti bakar kayu, arang, batubara, minyak tanah untuk masak dan pemanasan di pembakaran terbuka atau di ruang dengan ventilasi yang buruk.

Mengutip dari WHO dan World Bank bahwa masalah pencemaran udara dalam ruangan bagi masyarakat miskin, sejauh ini adalah masalah paling serius di dunia untuk polusi udara.

Referensi

Miller, G.T. dan S. Spoolman. (2008). Environmental Science. Thomson Brooks/Cole. Canada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: