GBCI Building Occupants Survey Seminar

Setelah meluncurkan Greenship New Building, standar penilaian tingkat ramah lingkungan untuk bangunan baru, beberapa waktu lalu, GBCI (Green Building Council Indonesia) menyelenggarakan sebuah seminar dalam acara rutin Green Networking. Acara yang bertujuan untuk menyampaikan pentingnya isu lingkungan hidup dan menjalin hubungan kerjasama dengan para arsitek, developer,kontraktor, produsen produk dan lainnya ini dimaksudkan untuk menghasilkan produk yang ramah lingkungan yang tepat dengan keadaan di Indonesia. Acara diselenggarakan di Ruang Lotus, Jakarta Design Center, Jakarta, pada tanggal 23 Juli 2010. Seminar kali ini membawakan tema Building Occupant Survey, membahas mengenai tingkat kenyamanan pengguna gedung.

Pada acara ini disampaikan bahwa meski telah ada Greenship untuk menentukan tingkat “Green” sebuah bangunan dengan klasifikasi Platinum, Gold, Silver, ataupun Bronze, namun tetap tolak ukurnya adalah kenyamanan manusia saat menggunakan bangunan tersebut. Setelah bangunan beroperasi dan telah disertifikasi dengan sistem rating, selambat-lambatnya 12 bulan kemudian pengguna gedung harus melakukan survei kenyamanan. Bila 20% pengguna gedung menyatakan tidak nyaman maka harus diadakan evaluasi dan perbaikan selambat-lambatnya 6 bulan setelah survei dilaporkan.

Dalam Green Networking ini, acara dibagi menjadi dua. Pertama adalah seminar singkat mengenai Occupants Survey yang dibawakan oleh Yanuar Yani dari Divisi Rating dan Teknologi GBCI. Disampaikan bahwa kenyamanan pengguna gedung terkait dengan kenyamanan spasial alias ruang, kenyamanan udara dalam ruang, kenyamanan visual, dan kenyamanan akustik. Acara berikutnya adalah simulasi survei pengguna gedung di mana para peserta mengisi kuesioner dalam grup masing-masing. Melalui kegiatan ini GBCI berharap para pemilik dan pengguna bangunan memiliki persamaan persepsi mengenai prinsip-prinsip bangunan hijau.

Sumber: http://www.indonesiadesign.com/v2/top.php?resolve=7&content=4&timeposted=17th%20of%20September%202010,%2002:05:33%20PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: