Cuplikan tentang Biomimicry

Istilah biomimicry sudah muncul sejak awal tahun 1982, kemudian pada tahun 1997 istilah tersebut dipopulerkan oleh Janine Benyus lewat bukunya yaitu “Biomimicry: Innovation Inspired by Nature”. Biomimicry adalah mempelajari alam disekitar dan menjadikannya inspirasi serta meniru model dan proses dari alam untuk kehidupan manusia yang lebih baik. Tujuannya adalah keberlanjutan, dimana Benyus mengajak kita untuk melihat alam sebagai “model, ukuran, dan mentor”.

Makhluk hidup beradaptasi dari perubahan alam yang terjadi disekitarnya untuk bertahan hidup dan mempertahankan eksistensinya. Model adaptasi yang dilakukan sangat bervariasi dan unik, dengan tujuan dan fungsi tertentu. Pada awalnya manusia menggunakan peralatan seadanya, untuk berburu dan mencari makan serta tempat tinggal. Kemudian, perkembangan iptek dengan trial dan eror menciptakan beragam perangkat pendukung kehidupan manusia. Disisi lain, ekosistem telah menjalani berbagai model adaptasi sejak 3,8 miliar tahun yang lalu. Alam telah melakukan berbagai hal yang menakjubkan sejak dulu, misalnya: kerang yang menyerap polutan hingga mampu menjernihkan air, dimana hal ini diketahui melalui riset di dalam ilmu biologi. Berbagai hal yang menarik dapat ditemukan di bidang biologi, di lain sisi, bisnis selalu menuntut iptek menelurkan inovasi yang sesuai dengan tantangan zaman. Sedangkan, sering kita jumpai, kedua hal itu (biologi dan bisnis) jarang berjalan beriringan.

Melihat keunikan model, sistem, proses dan unsur yang berasal dari alam disekeliling kita, maka bisa diambil pelajaran dan diaplikasikannya sebagai kreativitas dan inovasi baru. Biomimicry dapat diimplementasikan dalam berbagai hal, antara lain: desain produk, interior, dan arsitektural.

“Sustainable world is already exist, its all around us” (Benyus).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: