Pengenalan KUDR #2

Apakah polusi udara di dalam rumah dapat membahayakan kesehatan?

Dampak terhadap gangguan kesehatan dapat terjadi secara langsung setelah penghuni terpajan (terkena) polutan atau mungkin beberapa tahun kemudian.

Pengaruh langsung

Pengaruhnya langsung terhadap kesehatan terjadi karena kita terekspos polutan sekali atau berulang-ulang, kemudian muncul gejala seperti mata perih, iritasi hidung dan tenggorokan, sakit kepala, pusing, dan lelah. Gejala tersebut biasanya dialami sebentar dan dapat disembuhkan. Biasanya cara penyembuhannya mudah yaitu jika dapat menemukan sumber polutan maka kurangi jumlah polutan atau jauhkan orang yang terpajan dari sumber polutan. Bagi yang memiliki asma dan hipersensitif, maka gejala ini muncul secara langsung ketika terekspos beberapa polutan udara.

Reaksi setiap orang apabila terpajan polutan udara ruang secara langsung tidak selalu sama, tetapi tergantung dari beberapa faktor. Faktor umur dan kondisi medis seseorang merupakan dua hal penting yang berpengaruh. Selain itu, tingkat sensitivitas seseorang terhadap polutan udara ruang juga berbeda-beda. Ada yang sangat sensitif terhadap polutan biologis, ada juga yang sensitif akan zat-zat kimia tertentu.

Efek langsung terhadap kesehatan umumnya serupa, dari mulai batuk sampai beragam penyakit virus, sehingga sulit untuk menentukan apakah suatu gejala merupakan akibat dari menghirup polutan udara ruangan. Untuk alasan ini, penting untk memperhatikan waktu dan tempat dimana gejala penyakit tersebut muncul. Jika gejala menghilang setelah orang tersebut jauh dirumah, maka sebaiknya lakukan identifikasi sumber polutan udara ruang yang mungkin menjadi penyebabnya. Beberapa efek penyakit bisa jadi menjadi lebih buruk jika tidak ada sirkulasi udara dengan baik.

Pengaruh Tidak Langsung

Secara tidak langsung, efeknya bisa muncul beberapa tahun kemudian setelah kita terpajan polutan secara berulang-ulang selama periode waktu tertentu. Penyakit yang muncul meliputi: penyakit pernapasan, penyakit jantung, dan kanker, dimana penyakit yang diderita sangat berbahaya dan fatal. Dengan demikian, alangkah lebih baik jika kita mulai memperhatikan dan menjaga kualitas udara ruangan dirumah agar tetap sehat meskipun belum melihat adanya gejala-gejala penyakit yang muncul.

Seringkali polutan udara dalam ruang berdampak negatif terhadap kesehatan kita, namun perlu kita perhatikan bahwa banyaknya kadar polutan dan berapa kali kita terpajan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang spesifik. Setiap orang memiliki tingkat kepekaan yang berbeda-beda, dengan demikian setiap orang mungkin tidak akan sama ketika berekasi dengan polutan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai dampak apa yang ditimbulkan setelah kita terpajan polutan pada kadar tertentu yang ditemukan di rumah kita dan berapa kadar tertinggi yang terjadi dalam waktu yang singkat.

Bagaimana menjaga kualitas udara ruang tetap bersih?

(Sumber tulisan : (US)EPA IAQ  & Real Estate Blog (sumber gambar)– lihat daftar Blogroll)

3 responses

  1. dampak lain dari kualitas udara dalam ruang yang bersih dapat membantu penderita alerig dan asma agar lebih sehat dan dapat melakukan aktifitas lainnya dengan lebih baik. untuk menjaga kualtias udara dalam ruang tetap bersih, menurut saya, ERV dapat menjadi alternatif yang baik karena hemat energi (dapat menambah sirkulasi udara tanpa menambah beban kerja AC) dan lebih efektif daripada pembersih udara seperti ozone air purifier (yang EPA duga dapat menyebabkan kanker) atau lainnya.

    1. Setuju Putri, terutama bagi anak-anak yang pada umumnya lebih sensitip (alergi) terhadap debu, baik dirumah atau disekolah, maka udara yang bersih penting untuk kesehatan mereka. ERV merupakan salah satu teknologi untuk pembersih udara ya, kalau di Amerika sepertinya untuk skala rumah sudah banyak yang gunakan. Kalau boleh tahu, bagaimana kalau di Indonesia?

  2. Hi Putri dan Yanuaryani,

    Penggunaan ERV memang sudah marak di Amerika dan sekarang di Indonesia juga sudah tersedia ERV dari Ultimate Air (atau dikenal juga sebagai RecoupAerator). ERV dari Ultimate Air ini dilengkapi dengan teknologi rotary heat exchanger yang membantu menyesuaikan suhu dan kelembaban udara yang telah disaring dari luar untuk menyehatkan kualitas udara dalam ruang. Penggunaan ERV di Indonesia juga sudah mulai disosialisasikan dan semoga semakin marak didukung adanya PerGub Bangunan Hijau yang akan resmi berlaku awal 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: