Sejarah SBS

Setelah membaca beberapa artikel tentang Indoor Environmental di blognya Ian Cull, lalu saya jadi bersemangat untuk mencoba menulisnya di blog ini dalam bahasa Indonesia. Meskipun sekarang ada Google Translate dan saya yakin sudah banyak teman-teman yang mudah memahami teks bahasa Inggris, namun saya tetap mencoba untuk mengemas blog ini dalam bahasa Indonesia. Ini karena pengalaman pribadi saya, yang lebih mudah memahami teks dalam bahasa nasional. Baiklah, mari kita mulai dengan Sick Building Syndrom (SBS) atau yang diterjemahkan dengan sindrom bangunan/ gedung sakit.

Definisi SBS menurut Environmental Protection Agency (EPA) adalah sekumpulan gejala yang dialami oleh penghuni gedung atau bangunan, yang dihubungkan dengan waktu yang dihabiskan di dalam gedung tersebut, tetapi tidak terdapat penyakit atau penyebab khusus yang dapat diidentifikasikan (1). Lalu bagaimana istilah SBS ini bisa muncul?

Tahun lalu, saya presentasi mengenai SBS dengan (hanya bisa) mencuplik sejarahnya dari beberapa tesis, pada bab pendahuluan yang saya temui di internet. Setelah lebih dari setahun kemudian, saya baru menemukan sejarahnya lewat blognya Ian. Wah, sebagai fans isu KUDR, saya jadi bersemangat membacanya.

Perumusan definisi SBS dimulai pada saat pertemuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1982 yang didukung oleh beberapa sumber. Kemudian pada tahun 1983, laporan pertemuan tersebut diterbitkan. Nah, untuk menghapus dahaga bagi yang suka sejarah, berikut disajikan tautan dokumen: Indoor Air Pollutants: exposure and health effects. Klik ikon label PDF  “Texto completo” untuk mengunduhnya. Setelah dokumen dibuka, lalu beranjak ke halaman 23 (pada pdf tertulis halaman 27). Disitu akan ditemukan perspektif sejarah tentang sick building syndrome. Meskipun harus mengunduh dari website Brazil, namun jangan kawatir, sebab teks dokumen tersedia dalam bahasa Inggris.

Selamat membaca!

(1) Indoor Air Fact No.4, Sick Building Syndrome (1991)

Leave a Reply

