Apa itu KUDR ?

KUDR selintas seperti KDRT ya. upps.. maaf.. ini tidak ada kaitannya.

–.–

KUDR merupakan singkatan dari “Kualitas Udara Dalam Ruang”, dimana istilah ini juga digunakan di dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 52 tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Kualitas Udara Dalam Ruangan (KUDR). Nah.. jadi bisa dipahami ya, mengapa di dalam blog ini digunakan istilah tersebut.

Kalau dalam bahasa Inggris, biasanya digunakan istilah Indoor Air Quality (IAQ), dimana membahas tentang hal-hal yang terkait dengan kualitas udara saja. Tapi, ada lagi istilah yang juga sering ditemukan yaitu Indoor Environmental Quality (IEQ), dimana membahas tidak hanya kualitas udara di dalam ruangan tetapi juga kualitas lingkungan lainnya, antara lain: pemandangan ke luar gedung, tingkat pencahayaan, tanaman dalam ruang.

Meskipun judul blog ini sepertinya hanya untuk IAQ, namun juga akan dicoba membahas tentang IEQ. Oleh karena saya masih belajar, jadi mohon masukan dari teman-teman untuk mengoreksi kesalahan dan kekurangan blog ini dan menambah info untuk lebih melengkapi informasi tentang KUDR. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: